HOME » RAGAM 10 Makhluk Mitos Yunani Yang Kabarnya Nyata

Dalam mitos Yunani, dikenal beberapa nama dewa-dewa, pahlawan dan juga asal usul Yunani sendiri. Selain itu, mitologi Yunani juga menceritakan adanya makhluk-makhluk unik dan aneh, ada yang baik, ada pula yang mengerikan.

Makhluk-makhluk mitos tersebut tak jarang muncul pada cerita atau film Yunani. Dan sebagian orang percaya bila makhluk tersebut tak hanya sebatas ada di dunia mitos saja. Beberapa orang percaya makhluk Yunani memang benar-benar ada, dan bahkan ada yang pernah menampakkan diri pada manusia biasa.

Benarkah makhluk mitos Yunani itu benar-benar ada? Berikut adalah daftar makhluk mitos Yunani yang dipercaya nyata, seperti dikutip dari Wonderslist.com.

Typhon adalah makhluk raksasa yang dikabarkan paling ganas dan mematikan di Yunani. Ia disebut-sebut anak terakhir dari Gaia dengan Tartarus. Ia dikenal sebagai bapak semua monster.

Istrinya, Echidna juga digambarkan sebagai monster yang terbesar dan dijuluki ibu para monster. Ia sangat menakutkan. Tinggi badannya mencapai bintang di angkasa dan tangannya dari arah timur ke barat. Di kepalanya terdapat lebih dari seratus naga.

Lamia adalah seorang ratu cantik asal Libya. Ia adalah salah satu istri dewa Zeus. Karena kecantikannya, tak sedikit istri Zeus lain yang cemburu. Bahkan Hera membunuh anak Lamia kecuali Scylla.

Ia mengutuk Scylla menjadi raksasa untuk memburu dan memakan anak-anak.

Karena kehilangan semua anaknya, Lamia jadi kesepian. Ia kehilangan pikiran, sedih serta putus asa. Iapun sering iri melihat anak-anak lain dan melahapnya. Keburukan sifatnya kemudian mengubahnya menjadi raksasa.

– Echidna disebut juga ibu para monster. Ia punya tubuh bagian atas seperti manusia, namun tubuh bagian bawah setengah ular. Ia digambarkan sebagai monster besar dalam mitologi Yunani.

Ia punya wajah mengerikan dan mata yang selalu melirik tajam. Kulitnya berbintik-bintik dan gemar makan daging mentah. Ia adalah salah satu rahasia dari bumi, yang hidup jauh di dalam gua dan berongga di sana.

Ia menjaga bumi bagian bawah, dan diperintahkan menjaga seorang peri bernama Arima.

Sphinx adalah makhluk mitos dengan tubuh singa dan kepala manusia. Dalam tradisi Yunani, ia digambarkan memiliki paha singa, sayap seekor burung besar dan wajah seorang wanita.

Makhluk mitos yang satu ini sebenarnya berbahaya dan tak memiliki ampun. Mereka yang tak bisa menjawab teka teki yang diberikannya akan dibunuh dan dimakan dengan rakus oleh makhluk ini.

Griffin dianggap sebagai raja dari semua makhluk. Tubuh, ekor dan kaki belakangnya seperti singa, sedangkan kepala, sayap dan cakarnya seperti elang.

Karena bertubuh singa, ia secara tradisional dianggap sebagai raja para binatang. Dan bagian tubuh yang seperti elang menunjukkan bahwa ia juga raja dari semua burung. Griffin dianggap sebagai makhluk yang sangat kuat dan megah, sebuah simbol kekuatan Ilahi yang tak terkalahkan.

Chimera adalah makhluk mengerikan bernapas api. Merupakan gabungan dari singa, ular dan seekor kambing yang punya satu tubuh,

Biasanya ia digambarkan dengan kepala singa, kepala kambing yang muncul di punggung, dan ekornya berakhir dengan kepala ular. Chimera ini merupakan keturunan dari Typhon dan Echidna. Merupakan saudara monster seperti Cerberus dan Lernaean Hydra.

Gorgon, atau populer dikenal dengan nama Medusa adalah makhluk mengerikan yang sangat beken di mitologi Yunani. Ia digambarkan memiliki wajah wanita yang mengerikan. Dengan ular berbisa yang tumbuh di seluruh kepalanya.

Ia diceritakan sebagai manusia satu-satunya yang bisa mengubah seseorang menjadi batu. Kabarnya, ia kemudian mati dipenggal oleh Perseus yang dipersenjatai dengan cermin dan sabit.

Centaur adalah makhluk mitologi dengan kepala, lengan dan dada manusia, namun punya tubuh dan kaki kuda. Mereka terkenal karena perjuangan mereka dengan Lapiths yang disebabkan oleh usaha mereka membawa keluar Hippodamia dan warga Lapith wanita lainnya pada hari pernikahan Hippodamia untuk Pirithous, raja Lapithae.

Centaur yang paling populer di mitologi Yunani bernama Chiron. Ia berdiri dengan gagah, punya kebiasaan minum dan doyan kekerasan, namun sekaligus cerdas serta diberkahi keterampilan medis.

Minotaur biasanya digambarkan sebagai manusia setengah banteng. Ia berdiam di sebuah Labirin rumit yang dirancang oleh seorang arsitek bernama Daedalus dan putranya, Icarus.

Banteng Minotaur dikabarkan sangat kejam dan doyan makan manusia. Namun, ia akhirnya dibunuh oleh seorang pahlawan Athena bernama Theseus.

Siren adalah makluk tercantik namun sekaligus berbahaya. Mereka kerap mencelakakan nelayan dengan suaranya yang menarik.

Ia akan memancing para nelayan tersebut menepi ke pulau penuh bebatuan. Dan pada akhirnya membuat kapalnya karam. Siren diceritakan adalah anak dari Phorcys dan kisahnya kerap didengar di berbagai mitologi Yunani.

—- Mulai berwirausaha dengan 50rb Rupiah sdh bisa jualan Pulsa PLN & Pulsa isi Ulang HP—-

Tinggalkan komentar anda :) Kata-kata anda mencerminkan nilai diri anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s