4 Efek samping mengunyah permen karet yang harus diketahui

4 Efek samping mengunyah permen karet yang harus diketahui

Merdeka.com – Permen karet merupakan sebuah makanan yang digemari oleh semua kalangan. Bahkan permen jenis ini sering kali dijadikan sebagai ‘camilan’.

Namun Anda pun harus mengetahui efek samping dari permen karet seperti dilansir dari foxnews.com.

Memicu konsumsi junk food lebih banyak
Mengonsumsi permen karet sebelum makan sangat tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini dalam Eating Behaviors ini menemukan bahwa permen karet cenderung membuat Anda mengonsumsi makanan junk food lebih banyak.

Memicu TMJ atau gangguan sendi
TMJ atau temporomandibular joint disorder adalah nyeri sendi rahang bawah yang disebabkan karena mengunyah terlalu lama. Anda cenderung untuk tidak berhenti mengunyah ketika mengonsumsi permen karet. Mengunyah secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit ini.

Meningkatkan masalah pencernaan
Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sakit perut, kram, dan sulit buang air besar. Gangguan ini dapat dipicu karena permen karet yang Anda kunyah. Sebab di saat mengunyah permen karet, ada banyak udara yang tertelan dan menyebabkan sakit perut serta kembung. Selain udara, pemanis buatan yang ada di dalam permen karet yaitu sorbitol dan manitol juga dapat menyebabkan diare.

Merusak gigi
Walaupun permen karet akan merangsang produksi air liur di dalam mulut, namun Anda harus berhati-hati dengan pemanis buatan yang di dalamnya. Sebab pemanis ini akan memenuhi gigi Anda dengan gula dan menyebabkan kerusakan gigi.

Itulah efek samping dari permen karet yang harus Anda ketahui. Hal tersebut dapat dijadikan panduan bagi Anda untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi permen karet.

Dicari Mitra Bisnis Pulsa. min.deposit hanya Rp.50.000. Waranty 100% Risk Free. Minat PM : 766A6238
WA : 081284656168
SMS : 081296630981

 

 

 

Tinggalkan komentar anda :) Kata-kata anda mencerminkan nilai diri anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s