Awas, Kurang Gerak Bikin Wanita Lebih Rentan Kena Kanker

Para ahli mengatakan bahwa kurangnya aktivitas fisik menyebabkan wanita berisiko tinggi terserang berbagai jenis kanker. Hal itulah yang dialami oleh para wanita di Inggris. Inggris merupakan negara dengan kasus kanker usus, kanker payudara, dan kanker rahim tertinggi kesepuluh dari 180 negara di dunia.

Apa hubungan antara kurangnya aktivitas fisik wanita dengan tingginya kasus kanker di Inggris? Para ahli mengatakan bahwa minimnya aktivitas fisik para wanita itulah penyebab melambungnya kasus kanker payudara, kanker usus, serta kanker rahim di Inggris. Demikian dilansir Daily Mail, Senin (6/1/2014).

“Ini mencerminkan gaya hidup kebanyakan orang di negara-negara barat. Mayoritas dari kita terlalu banyak menghabiskan waktu dengan duduk-duduk dan tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik dalam rutinitas sehari-hari.” demikian ungkap Dr Rachel Thompson dari World Cancer Research Fund.

Peneliti memperkirakan, 12 persen kasus kanker usus dan kanker payudara dapat dicegah apabila orang lebih aktif secara fisik. Sedang kasus kanker rahim dapat berkurang hingga 10 persen apabila wanita lebih aktif secara fisik.

Agar tidak terjangkit ketiga jenis kanker itu, para wanita disarankan untuk melakukan aktivitas fisik tingkat sedang selama 150 menit dalam satu minggu. Contohnya adalah berkebun. Dengan aktivitas-aktivitas semacam itu, tubuh bisa lebih langsing sekaligus memangkas hormon pemicu kanker yang disebabkan oleh lemak.

“Aktivitas yang rutin dapat membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh, menjaga kadar hormon agar tetap sehat, juga menjaga pencernaan dalam kondisi baik. Semua itu dapat membantu mengurangi peluang terjadinya kanker,” ungkap Dr Thompson.

Namun, hanya sedikit wanita yang melakukan cukup aktivitas fisik. Di Inggris, hanya 36 persen wanita saja yang mampu memenuhi target tersebut. Menurut data statistik, kanker payudara, kanker usus, dan kanker rahim mendera 133 per 100.000 orang di Inggris.

Barbados adalah negara dengan angka kanker paling banyak dan Bahama menempati peringkat kesembilan. Namun menurut Dr Thompson, data dari dua negara tersebut kurang valid apabila dibandingkan dengan data dari Eropa Barat dan Amerika. Hal itu menyebabkan Inggris menempati peringkat kedelapan, di bawah Belgia, Denmark, Belanda, Perancis, Islandia, Luxemburg, dan Amerika.

Tahun lalu, peneliti di Amerika menemukan bahwa wanita yang berjalan selama satu jam per hari dapat memangkas risiko terjadinya kanker payudara di kemudian hari. Mereka yang giat beraktivitas fisik bahkan memiliki perlindungan ganda. Oleh karena itu para wanita sebaiknya tetap berolahraga secara rutin agar terhindar dari kanker.

“Kita sudah tahu bahwa menjadi aktif dapat mengurangi risiko terjadinya kanker payudara pada wanita,” ungkap juru bicara dari Breakthrough Breast Cancer.

Juru bicara itu menambahkan, “Kami menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik level menengah selama 30 menit dalam satu hari, atau 3,5 jam dalam satu minggu. Itu dapat mengurangi risiko kanker payudara, paling tidak sebesar 20 persen.”

Menurut juru bicara itu, jalan cepat secara rutin adalah cara paling mudah untuk menjauhkan wanita dari kanker. Pasalnya setiap aktivitas fisik yang meningkatkan denyut nadi dapat mengurangi risiko kanker, termasuk berjalan kaki yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja dengan gratis. Nah, rutin berjalan kaki adalah cara paling pintar untuk mengusir kanker, bukan?

Source : Detik Health

Follow Twitter @Peterxiaohan

Bisnis Pulsa ; http://reloadpulsabiz.blogspot.com/

Ingin beriklan di Blog ini? hubungi BB : 2A168A37 or WA : 081284656168 Follow Twitter : @peterxiaohan

Tinggalkan komentar anda :) Kata-kata anda mencerminkan nilai diri anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s