Xi Jinping pertegas rencana reunifikasi Tiongkok-Taiwan

RC(BEIJING) – Penyatuan kembali atau reunifikasi Tiongkok-Taiwan ditegaskan oleh Pemimpin Partai Komunis Tiongkok, Xin Jinping, yang menyatakan, rencana ini di bawah pemerintahannya sebagai presiden baru negeri tirai bambu tersebut.

Xi yang juga Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) menyatakan itu, dalam pertemuan dengan Ketua Kehormatan Partai Nasionalis Taiwan, Lien Chan, di Beijing, Senin (25/2). Partai Nasionalis kini sebagai partai berkuasa di Taiwan.

“Pemerintahan baru Tiongkok harus menjaga kepentingan dan memperluas kesejahteraan Taiwan seperti yang telah disepakati. Ini adalah janji khidmat Partai Komunis sebagai pemimpin baru Tiongkok,” kata Xi, seperti dikutip kantor berita Xinhua, Senin (25/2) kemarin.

Disebutnya, para pemimpin Partai Komunis yang berkuasa di Taiwan akan terus mengembangkan hubungan dengan Taiwan dan mendorong penyatuan pulau itu di bawah Pemerintahan Tiongkok.

Selama ini, Taiwan dan Tiongkok memiliki hubungan di bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan transportasi. Namun Taiwan cenderung tak menunjukkan keinginan politik untuk dialog yang mengarah pada reunifikasi dengan Tiongkok.

Xi mengungkapkan, setelah pelantikannya sebagai Presiden RRT pada Maret 2013, dirinya akan mendorong pemerintahan baru yang harus mengejar “cara damai” terkait reunifikasi dengan Taiwan.

Dia mengakui, meskipun hubungan ekonomi Tiongkok-Taiwan berlangsung baik dan terus meningkat, namun kedua negara cenderung saling curiga serta memiliki perbedaan sikap terkait masalah politik termasuk reunifikasi Tiongkok-Taiwan.

Hal itu, menurutnya, terkait dengan sejarah masa lalu berpisahnya Tiongkok dan Taiwan akibat perang saudara. Pemerintahan Tiongkok dan Taiwan terpisah sejak gerakan komunis yang dipimpin Mao Zedong mengalahkan Kuomintang. Ini kemudian memaksa Chiang Kai-shek dan aliansi nasionalis melarikan diri ke pulau (Taiwan) pada 1949.

“Tentu saja kami menyadari masalah sejarah di masa lalu tetap ada. Namun kita harus berupaya bersama untuk menyelesaikan segala perbedaan dengan kesabaran untuk membangun hubungan dan masa depan yang lebih baik,” ujar Xi.

Belum Terealisasi

Dalam pernyataan terpisah, Ketua Kehormatan Partai Nasionalis Taiwan, Lien Chan, mengatakan, ada 18 perjanjian yang telah ditandatangani Pemerintah Tiongkok dengan Taiwan.

Namun, menurutnya, dalam empat tahun terakhir, isu-isu inti dari 18 perjanjian itu nyaris tak tersentuh atau belum terealisasi, akibat ketegangan atau kekacauan hubungan politik kedua negara.

Sebagaimana dirilis suarapembaruan.com berdasar berita Reuters juga AFP, selama bertahun-tahun, Tiongkok dan Taiwan saling tarik-menarik kepentingan terkait posisi strategis selat di antara kedua negara yang juga menjadi perhatian Amerika Serikat (AS), karena menjadi salah satu wilayah strategis di kawasan Asia Pasifik untuk operasi militer.

https://www.facebook.com/groups/cantikdansuksesbersamaoriflame/

conoriflamehttp://www.dbcn-top15.com/?id=createyourbusiness

Iklan

Tinggalkan komentar anda :) Kata-kata anda mencerminkan nilai diri anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s