RADIASI GALAKSI PICU KEPUNAHAN MASSAL

Ilustrasi mengenai ledakan sinar gamma.  (DANA BERRY/NASA)

Ilustrasi mengenai ledakan sinar gamma. (DANA BERRY/NASA)

Semburan sinar gamma yang berasal dari ledakan supernova (ledakan di galaksi yang menandai berakhirnya riwayat suatu bintang) dan tabrakan bintang, mungkin telah merusak lapisan ozon planet kita di masa lalu dan menyebabkan punahnya kehidupan utama.

Para peneliti mencari korelasi antara semburan sinar gamma dan kepunahan massal berdasarkan fosil makhluk purba yang ditemukan. Peristiwa radiasi antar-bintang yang “singkat-padat” tampaknya lebih menyebabkan kerusakan (pada ozon), karena mereka dapat menimbulkan lebih banyak radiasi.

Semburan ini hanya terjadi kurang dari satu detik, dan diyakini muncul dari penggabungan dua neutron bintang atau mungkin tabrakan antar lubang hitam.

Berlubangnya lapisan ozon dapat mendatangkan malapetaka pada berbagai kehidupan di bumi, termasuk tanaman di darat dan laut yang membentuk basis dari rantai makanan.

“Saya bekerja dengan beberapa ahli palaeontologi dan kami mencoba untuk mencari korelasi antara fenomena ini dengan kepunahan, tetapi tampaknya mereka masih berpikiran skeptis,” kata ahli astrofisika, Brian Thomas di Washburn University dalam siaran pers.

“Namun bagi ahli astrofisika, fenomena tersebut tampaknya cukup masuk akal.”

Thomas mempresentasikan penelitiannya pada pertemuan tahunan Geological Society of America di Minneapolis pada 9 Oktober lalu.  (The Epoch Times / osc)

Tinggalkan komentar anda :) Kata-kata anda mencerminkan nilai diri anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s