Jiang Zemin Muncul Kepublik Setelah Diberitakan Meninggal

alt

Jiang Zemin, mantan pemimpin Partai  Komunis China (PKC) menghadiri perayaan menandai peringatan 100 tahun Revolusi Xinhai, yang menggulingkan dinasti kekaisaran Qing dan mendirikan Republik China pada Minggu (9/10). Mengambil tempat di Balai Rakyat, ini merupakan penampilan publik pertama sejak rumor muncul bahwa ia telah meninggal.

Jiang (85) terlihat duduk dengan para pejabat Partai Komunis pada upacara yang diselenggarakan oleh Hu Jintao di Beijing dan disiarkan langsung di televisi negara. Dia tampak lemah dan tampil terkantuk-kantuk.

Desas-desus kematian  Jiang mulai beredar pada Juli setelah dia gagal tampil pada perayaan ulang tahun partai ke-90.

Momentum  berkumpul bagi petinggi PKC dan ketidakhadirannya membuat  media  Hong Kong dan Jepang memberitakan bahwa Jiang sudah meninggal.

Kantor berita corong PKC, Xinhua akhirnya dipaksa untuk menerbitkan sebuah laporan menyangkal berita tersebut dan mengatakan itu hanya “kabar angin semata.”

Spekulasi muncul  bahwa Jiang, yang dilaporkan masih memegang banyak kekuasaan di tubuh  partai, mungkin sedang sakit parah.
Tetapi kondisi kesehatan para pemimpin China sangat sensitif karena dianggap sebagai rahasia negara, rupanya kekhawatiran bahwa penyakit mungkin mempengaruhi kinerja dan  stabilitas dalam partai.

Pada perayaan kali ini Hu Jintao mengambil kesempatan  menyerukan Taiwan dan China daratan  untuk bersatu kembali.

“Mencapai penyatuan kembali melalui cara damai adalah apa yang paling sesuai dengan kepentingan mendasar rakyat China, termasuk rakyat Taiwan,” katanya.

“Kami menentang atas kemerdekaan Taiwan … dan mengadakan pendekatan  dan kerjasama antara kedua penguasa.”
Dinasti Qing telah membuat sejarah kekaisaran 2.000 tahun sebelum Revolusi Xinhai. Republik China kemudian muncul, tetapi hanya berlangsung hingga tahun 1949.

Pada tahun itu, rezim Komunis mengambil alih kekuasaan dan sisa-sisa para pejuang Republik pindah ke Taiwan, yang masih menyebut dirinya Republik China meskipun Beijing mengklaim kedaulatan atas pulau yang telah mempunya pemerintahan  sendiri. (Erabaru/telegraph/man)

http://erabaru.net/china-news-a-culture/44-china-update/28040-jiang-zemin-muncul-kepublik-setelah-diberitakan-meninggal

Iklan

Tinggalkan komentar anda :) Kata-kata anda mencerminkan nilai diri anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s